Wednesday, January 25, 2012

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usaha Tani Padi Dan Usaha Tani Ikan Pada Lahan Persawahan Di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik


Secara fungsional sawah digunakan untuk bertanam padi tetapi masyarakat KecamatanCermemengusahakanbudidaya ikan (usaha tani ikan) di lahan persawahan. Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor-faktor yang mempengaruhi petani memilih membudidayakan ikan di lahan persawahan, mencari faktor penghambat serta ingin mengetahui pendapatan dari usaha tani padi dan usaha tani ikan.
           Jenis penelitian ini adalah  survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petani yang mengusahakan usaha tani padi dan usaha tani ikan di lahan persawahan secara bergiliran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang diambil dengan menggunakan systematis random sampling. Pengambilan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda dengan bantuan SPSS dan deskriptif kuantitatif.
           Hasil dari analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi petani mengusahakan usaha tani secara bergilir yaitu ketinggian daerah+ 4 mdpl, jenis tanah grumosol, usaha tani padi dilakukan pada musim kemarau dan usaha tani ikan dilakukan pada musim penghujan. Sebagian besar responden dalam usaha tani ikan menggunakan air hujan sekitar70,42% sedangkan dalam usaha tani padi sebagian besar menggunakan air hujan sekitar 60,56%. Waktu lamanya proses usaha tani padi memerlukan 6 bulan pada musim kemarau dan usaha tani ikan memerlukan waktu 3 bulan pada musim penghujan. Motivasi petani dalam usaha tani ikan sebagian besar dikarenakan pengaruh dari lingkungan sekitar sebanyak 35,21%, motivasi dalam usaha tani padi sebanyak 70,42% untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Temuan peneliti untuk resiko gagal panen dalam usaha tani padi sebanyak 38,03%, sedangkan dalam usaha tani ikan sebanyak 33,8%. Hal ini disebabkan adanya hambatan dari hama dan penyakit, banjir serta modal. Hasil analisis regresi linier berganda menyatakan bahwa penyiangan (p=0,000) dan pemupukan (p=0,003)  berpengaruh terhadap pendapatan usaha tani padi, dan variabel penyiapan lahan (p=0,000) berpengaruh terhadap pendapatan usaha tani ikan.    
 
Copyright 2011 @ PONPES MAHASISWA JAGAD 'ALIMUSSIRRY !