Wednesday, January 25, 2012

Pengembangan Metode Permainan Kartu Pikiran Pada Pokok Bahasan Ekosistem Di SMP



Siswa SMP memiliki sikap tunduk kepada peraturan permainan dan lebih cenderung memberikan respon positif terhadap ajakan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode permainan kartu pikiran  yang layak berdasarkan hasil belajar siswa, kebenaran isi dan bahasa kartu pikiran,  kemenarikan metode pembelajaran, dan proses pembelajaran.  Untuk mendukung kelayakan metode sehingga dideskripsikan pula hasil belajar siswa, respon siswa, dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D models yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate)  dan diuji coba terbatas di kelas VII A SMP Muhammadiyah 6 Surabaya dengan menggunakan one-shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan observasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan rumus. Hasil pengembangan berupa metode permainan kartu pikiran yang layak digunakan dalam pembelajaran materi ekosistem di SMP dengan kategori baik sekali, pembelajaran menjadi menyenangkan, menggembirakan, lebih menarik dan kreatif, tidakmembosankan, dapat memotivasi belajar, menimbulkan semangat belajar, mempermudah memahami materi, dapat melatih kemampuan berkomunikasi, memberi kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif, membuat siswa ingin belajar dengan metode permainan kartu pikiran lagi pada pokok bahasan lain.
Kata kunci : Metode Permainan Kartu Pikiran, Ekosistem, SMP
Oleh : Asma'ul Lutfauziah
 
Copyright 2011 @ PONPES MAHASISWA JAGAD 'ALIMUSSIRRY !