Wednesday, January 25, 2012

Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS)


 Latihan Dasar Kepemimpinan Santri merupakan langkah awal untuk memberikan suatu upaya kepada para santri agar mampu untuk sadar diri dalam meningkatkan spiritualitas IMTAQ serta tanggung jawab untuk menjadi seorang pemimpin baik dalam memimpin dirinya sendiri maupun orang lain. pada fitrahnya manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial. sebagai santri yang lebih dipandang sebagai "agen of change" (agen perubahan), mereka akan dituntut untuk terjun di masyarakat yang memiliki tingkat kemajemukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ketika berada di tengah civitas akademik ponpes.
     Yang dimaksud agen perubahan disini dimana seorang santri dituntut untuk lebih mampu memainkan peran menjadi agen/subyek perubahan dalam arti mengubah hal-hal yang kurang baik menjadi hal yang lebih baik. Sedangkan agen control yakni posii seorang santri yang peka akan dinamika sosial dan kritis terhadap kebijakan baik pemerintahan, pondok pesantren, dan semua hal yang menyimpang dari kehidupan bermasyarakat demi terwujudnya keadaan yang adil sejahtera dan demokratis.
     Selain itu dengan LDKS ini juga merupakan wadah yang bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar kepemimpinan itu sendiri kepada para santri yaitu konsep manajemen organisasi pesantren dimana ponpes itu sendiri tidak semata-mata mempelajari ilmu spiritualitas/ilmu keagamaan tetapi adanya manajemen organisasi pesantren juga mendukung keberhasilan ponpes dibidang organisasi terutama pada Badan Eksekutif Santri (BES), LDKS 2012 diadakan di Pacet tepatnya berada di Ponpes Amanatul Ummah pada tanggal 20-22 januari 2012
 
Copyright 2011 @ PONPES MAHASISWA JAGAD 'ALIMUSSIRRY !