Tuesday, January 31, 2012

ORGANELA CINTA WARISAN IBU


Ibu sangat berperan dalam kehidupan anak. Sifat dan karakter anak merupakan sumbangan kedua orang tua. Ciri fisik seperti rambut lurus atau keriting, hidung mancung, lesung pipi, tinggi badan, atau ciri yang lainnya juga berasal dari kombinasi kedua orang tuanya. Menurut penelitian Biologi molekuler terbaru menemukan bahwa sesungguhnya ibu mewariskan 75 persen unsur genetiknya kepada anaknya sedangkan bapak hanya 25 persen. Oleh karena itu sifat baik, kecerdasan, kesholehan dan kecenderungan seorang anak sangat ditentukan oleh sifat baik, kecerdasan, kesholehan dan kecendderungan seorang ibu (Azhar & Sulaiman, 2010). Hal ini sesuai dengan hadist nabi dari Abu Hurairah r.a. ketika ada seorang sahabat bertanya pada Rosulullah tentang siapa yang lebih diprioritaskan seorang anak, apakah ibu atau bapak?. Nabi menjawab “Ibumu…. Ibumu….. Ibumu…. lalu bapakmu…..” proporsinya tiga berbanding satu (HR. Al-Bukhari, Muslim).
Mengapa proporsinya tidak 50 persen : 50 persen seperti teori terdahulu. Di dalam sel manusia terdapat organel mitokondria yang memiliki tugas memproduksi bahan kimia tubuh ATP (adenosine triphosphat). Energi inilah yang menjadi suber energi bagi manusia. mitokondria bersifat semiotonom karena empat puluh persen kebutuhan protein dan enzim dihasilkan sendiri oleh gennya. Mitikondria merupakan organela sel yang memiliki DNA sendiri, selebihnya dihasilkan gen di inti sel. Mitokondria hanya diwariskan oleh ibu karena mitokondria berasal dari sel telur bukan dari sperma. Oleh karena itu investasi seorang ibu dalam diri anak mencapai 75 persen (Azhar & Sulaiman, 2010).
Allah mewariskan sifat pengasih dan penyayang kapada ibu dan bapak. Melalui kedua orang tua Allah menitipkan rahman dan rohimnya sebagai salah satu bukti kekuasaannya. Allah tidak menuntut apapun dari hambanya, begitupun dengan orang tua tidak terpikir di benak orang tua untuk menghitung tagihan kebutuhan anaknya yang harus ditagih setelah anaknya besar nantinya. Cinta orang tua kepada anak merupakan cinta tak bersyarat. Begitu besar jasa orang tua sehingga Rosulullah saw. menegaskan bahwa apa pun yang diberikan seorang anak kepada ibu tidak akan pernah mampu untuk membalas budi baiknya.

Daftar Pustaka
Azhar, Tauhid Nur dan Sulaiman, Eman. 2010. The Secret of Mother. Bandung: Salamadani Pustaka Semesta.
 
Copyright 2011 @ PONPES MAHASISWA JAGAD 'ALIMUSSIRRY !