Sunday, February 26, 2012

Telah Terbit Buku Terbaru Karya Dr. Djoko Hartono, S.Ag, M.Ag, M.M & Drs. Musthofa, M.Pd.I dengan Judul "Mengembangkan Pendidikan Islam Informal"


Berbekal banyak pengalaman di lapangan yang cukup panjang sebagai pendidik, baik menjadi dosen di lingkungan pesantren, Umum, PTAI, guru di tingkat SD/MI/SMP/Mts/SMA/MA/SMK maka penulis buku ini berani mengkritik kondisi pendidikan di Indonesia.
Keberanian penulis buku ini mengkritik sekolah formal di Indonesia tentu didasarkan pada riset yang telah dijalaninya. Berangkat dari temuan-temuan di lapangan dari hasil riset terhadap sekolah informal yang ada di Kota Malang dan Salatiga maka menjadi nyata bahwa sudah saatnya di negeri ini para orang tua (masyarakat) harus berani untuk mengembangkan pendidikan informal sebagai model alternative. Hal ini sangat beralasan karena pendidikan formal di negeri ini banyak menyisahkan persoalan dan kelemahan.
Di antara persoalan itu yakni tidak ramah biaya. (Kak Seto, 2007). Dari hasil survey paling tidak sedikitnya ada 17 pungutan dana yang dibebankan kepada orang tua siswa. Banyaknya biaya yang dibebankan kepada orang tua siswa ini menunjukkan pendidikan gratis masih menjadi impian. (Irawan dkk , 2004)
Adapun kelemahan dari pendidikan/sekolah formal itu di antaranya yakni di samping mengandung manfaat lewat beban beratnya dalam mendidik generasi muda, sekolah pun banyak menimbulkan kerawanan yang nyaris membawa umat manusia ke dunia sia-sia, lemah, pasrah, serba bebas atau paganisme. Selanjutnya dampak negatif sekolah formal di antaranya berkembangnya sikap eksklusif, kecenderungan pada budaya Barat, munculnya kepribadian terbelah, salah kaprah tentang ijazah dan ujian, lahirnya sumber daya manusia mekanik (an-Nahlawi, 1995),  serta jauh dari sentuhan nilai-nilai Islami.
Buku ini sangat provokatif mengajak para pendidik, calon guru, masyarakat dan orang tua untuk berani merubah padangannya agar mau dan berani mendirikan, mengembangkan serta beralih pada pendidikan informal sebagai model alternatif mendidik anak-anaknya dan generasi bangsa ini kedepan. Mengapa harus ragu. Silahkan mencoba untuk mengembangkannya. 


Bagi yang berminat silahkan hubungi atau datang ke ponpes mahasiswa jagad 'alimussirry  Jl. Jetis Agraria 1/20 Wonokromo Surabaya Telp. 031 8286562 dengan harga Rp. 40.000,- (Persediaan Terbatas)
 
Copyright 2011 @ PONPES MAHASISWA JAGAD 'ALIMUSSIRRY !